Mitos Kewirausahaan Dalam Masyarakat

Banyak sekali di luar sana orang-orang yang mengaku ingin menjadi seorang wirausahawan tetapi mereka tidak langsung memulainya. Karena beberapa mitos di masyarakat yang cukup sering kita dengar mengenai seorang wirausahawan. Jika anda telaah lebih jauh, beberapa mitos ini sesungguhnya tidak sepenuhnya benar, bahkan beberapa dapat dikatakan salah kaprah.

Ketika kita nantinya dapat menjadi seorang pengusaha, kita akan dihadapi oleh banyak ketakutan-ketakutan yang membuat kita pada akhirnya merasa ragu untuk memutuskan menjadi seorang pengusaha. Pada umumnya, mitos-mitos tersebut tidak benar dan hanya asumsi-asumsi yang tidak didasarkan pada sebuah fakta yang sesuai.

Mitos Kewirausahaan Dalam Masyarakat

Mitos-mitos tersebut muncul di kalangan masyarakat dan kemudian tumbuh menghambat terbentuknya sebuah iklim positif yang mendukung munculnya pengusaha-pengusaha baru. Mitos-mitos ini sebenarnya harus segera diubah dan juga dihilangkan dari berbagai macam asumsi-asumsi dan juga pemikiran sebelum masuk ke dalam dunia bisnis. Karna mitos-mitos tersebut yang pada akhirnya dapat menciutkan nyali dari para calon pengusaha sebelum pada akhirnya mereka memulainya. Maka anda sebaiknya benar-benar meyakini kemampuan diri sendiri. Berikut ini, adalah beberapa mitos tentang kewirausahan dalam masyarakat.

Wirausaha harus punya bakat

Sering sekali kita mendengar sebuah mitos wirausaha ini ketika kita tanyakan pada mereka yang tidak kunjung memulai usahanya. Banyak orang yang beralasan bahwa mereka tidak berbakat menjadi seorang wirausahawan. Sesungguhnya bakat tersebut berasal dari 4 hal yaitu

  • Pengalaman: Jika Anda memang tidak pernah mencoba sesuatu maka Anda tidak akan pernah mengetahui bakat Anda tersebut.
  • Pembelajaran: Dari setiap kegagalan yang nantinya Anda dapatkan melalui sebuah pengalaman, Anda akan belajar untuk tetap bangkit dan memperbaikinya.
  • Hasrat: Semakin banyak dan juga semakin sulitnya masalah yang nantinya dapat Anda selesaikan, akan muncul sebuah rasa kecintaan pada bidang tersebut. Hal ini yang pada akhirnya membuat Anda semakin merasa nyaman mengelutinya.
  • Latihan: Dengan terus untuk dapat melatih kemampuan anda dalam hal menganalisa dan juga dalam memecahkan masalah, tanpa Anda sadari bahwa Anda nantinya telah menemukan bakat Anda.

Jiwa wirausaha didapat dari keturunan

Beberapa orang meyakini hal ini, Namun sebenarnya hal tersebut tidak jauh dari sekedar peran keluarga yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak serta-merta seorang pengusaha sukses, maka anaknya pun akan menjadi seorang pengusaha juga. Banyak sekali kisah-kisah inspiratif yang nantinya akan kita temukan, mengatakan bahwa kebanyakan orang-orang besar yang saat ini kita kenal memang berasal dari keluarga yang jauh berbeda. Salah satunya kisah dari Bapak Chairul Tanjung, atau Alm. Bapak Bob Sadino.

Harus bisa menemukan hal baru

Inovasi dalam bidang usaha ini cukup penting untuk dapat meningkatkan daya saing dan juga kualitas produksi yang dihasilkan. Namun sebuah inovasi nantinya tidak akan datang dengan tiba-tiba tanpa adanya sebuah dasar pengetahuan. Kita ambil contoh perusahaan yang saat ini sedang berada di puncak kesuksesan yaitu, Samsung.

Pada awal terbentuknya smartphone berbasis touchscreen ini adalah perusahaan Apple, dan Samsung berani meniru jenis produk mereka dengan mempelajarinya terlebih dahulu. Meski pada awalnya mereka yang memang belum bisa mengalahkan produk dari Apple tersebut, namun dengan belajar dari pengalaman dan juga sebuah keberanian untuk memulai, mereka semakin mampu untuk dapat bersaing dengan produk Apple dan bahkan pada saat ini Samsung telah menguasai pasar smartphone di dunia melampaui perusahan Apple.

Memulai wirausaha butuh modal besar

Setiap orang berpikir bahwa dengan modal yang besar nantinya akan mendapat hasil yang besar sesuai dengan harapan mereka. Hal tersebut yang sering menghambat kemajuan dari seorang calon wirausahawan dalam memulai sebuah bisnis.

Sesungguhnya, dengan modal yang semakin besar, maka kita juga akan dihadapkan dengan berbagai macam tanggung jawab yang semakin besar pula. Jika Anda nantinya masih ragu dan ingin memulai sebuah usaha, maka sebaiknya Anda memulainya dari yang paling dasar dengan kemampuan yang nantinya bisa Anda lakukan.

Kebanyakan Wirausaha cenderung gagal

Tentu saja, setiap usaha pasti suatu saat akan menemui sebuah masalah. Namun Anda akan benar-benar gagal hanya jika Anda berhenti untuk melangkah. Prinsip inilah yang banyak memotivasi para wirausahawan untuk terus bangkit menghadapi setiap masalah yang nantinya akan mereka temui. Dan dari hal tersebut mereka belajar dari pengalaman agar tidak terjatuh pada lubang yang sama.

Memulai Wirausaha harus nekat

Memulai suatu usaha bisnis jika tidak didasari dengan sebuah pengetahuan dan perencanaan pastinya akan memiliki sebuah potensi gagal yang cukup tinggi. Mungkin mitos wirausaha yang salah ini lebih tepat jika hal tersebut dikatakan sebagai tekat.

Untuk memulai sebuah usaha kita tentu harus mempelajarinya, merencanakan langkah-langkah yang nantinya akan diperlukan untuk mengurangi, dan yang terakhir adalah keyakinan dengan tekad yang bulat bahwa kita dapat melakukannya maka Anda akan benar-benar dapat melakukannya.

Hanya Wirausaha beruntung yang berhasil

Keberuntungan bisa kita dapatkan dengan beribadah dan juga berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, maka kuatkan hubungan Anda dengan Sang Pencipta. Agar nantinya usaha Anda dapat berhasil dengan lancar. Namun jika anda nantinya hanya mengandalkan keberuntungan saja, maka niscaya anda juga akan mengalami banyak sekali kekecewaan dalam berbisnis. Seperti yang telah disebutkan bahwa diperlukan pengetahuan dan perencanaan yang cukup matang untuk memulai sebuah bisnis agar berhasil.

Wirausaha hanya berorientasi pada uang

Semua orang nantinya ingin hidup dengan harta melimpah, namun ketika Anda hanya berorientasi pada uang saja, maka segala yang telah didapatkan dalam sebuah bisnis tidak akan pernah cukup. Sebagian wirausahawan memang berbisnis untuk mendapatkan sebuah kehidupan layak. Namun orang akan benar-benar berhasil dalam bisnis jika didasari oleh kecintaannya pada bidang yang telah mereka geluti tersebut.

Kurang bisa bergaul dengan masyarakat serta lingkungan

Mungkin karena kesibukan dan juga fokus seorang pengusaha pada bidangnya, membuat mereka menjadi jarang bercengkrama dengan masyarakat sekitar. Namun seorang wirausaha yang baik akan selalu bisa mengatasi permasalahan tersebut, meski terkadang membutuhkan sedikit waktu karena sikap waspada mereka dapat masuk ke dalam lingkungan masyarakat dan dapat mengambil hati masyarakat. Bahkan tidak jarang juga dengan kemahirannya berkomunikasi di masyarakat sehingga mereka dapat memanfaatkan masyarakat sebagai media marketing tanpa disadari.

Kurang wawasan hanya fokus pada bidang yang digeluti

Seorang pengusaha cenderung lebih tertarik dengan apa yang mereka minati saja. selain untuk menguatkan intuisi dan juga fokusnya, dengan menghindari hal-hal eksternal akan membuat mereka menjadi lebih leluasa berimajinasi untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Kadang mitos wirausaha ini salah dipersepsikan bahwa wirausahawan kurang memiliki wawasan umum.

Demikian itulah beberapa mitos menjadi seorang wirausahawan yang berkembang di masyarakat. Menjadi seorang wirausahawan memang bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, namun dengan adanya beberapa mitos membuat sebagian orang takut memulai, takut melangkah dan takut mengambil sebuah keputusan. Padahal sebuah usaha akan berjalan lancar jika anda menyiapkan segala sesuatunya dengan semaksimal mungkin. Selamat mencoba semoga sukses!