Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan di Desa

Kepada warga desa, jangan khawatir sekarang ini ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang dapat membawa kehidupan ekonomi kalian melesat cepat. Ini terjadi karena kini desa bukan lagi tempat terpencil yang identik dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa justru yang menjanjikan banyak peluang usaha yang luar biasa. Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet adalah salah satu kekuatan yang menciptakan banyak peluang usaha rumahan di desa. Teknologi internet membuat desa tidak lagi ketinggalan dari kota.

Malah desa memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki orang-orang di kota. Hebatnya lagi, berbagai usaha modal kecil di desa bisa dikembangkan Agen Sbobet Terpercaya dengan skala modal kecil yang menguntungkan. Berikut ini ada beberapa peluang usaha rumahan di desa yang sekarang ini sudah bisa dikembangkan menjadi peluang mendapatkan yang potensial dan mudah dikembangkan secara baik offline maupun online. Peluang-peluang ini dibagi dalam dua model usaha yakni offline dan online. Berikut diantaranya.

Peluang Usaha Offline

Jenis peluang usaha menguntungkan yang bisa dikembangkan di rumah dengan mengandalkan pasar lokal yakni kawasan desa tempat kita tinggal dan sekitarnya. Pendapatan pada model usaha ini berasal dari konsumen yang datang ke rumah kita dan melakukan pembelian produk atau jasa yang kita sediakan.

Kepercayaan adalah landasan yang sangat penting dalam peluang usaha ini karena sebagian besar konsumen kita adalah orang-orang yang kita kenal. Kualitas produk yang buruk atau pelayanan jasa yang tidak mumpuni bakal menjadi hambatan besar dan bisa membuat usaha kita ‘kukut’ alias gagal.

Usaha di Bidang Makanan

Jika Anda suka meracik bumbu dan bahan makanan di rumah dan hasil racikan Anda mengundang decak-kagum sanak-saudara, ada baiknya Anda mulai memikirkan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini adalah kuliner. Ini adalah usaha yang tidak ada matinya dan bisa dikembangkan dimanapun, kapanpun dalam skala modal berapapun. Kok bisa? Ya, karena Anda bisa memilih berbagai jenis makanan untuk dijual sesuai dengan kepiawaian Anda meraciknya. Jika Anda jagoan mengolah menu khas desa, maka mulailah menyediakan berbagai jenis sayur dan lauk. Tak harus menyewa kios di pinggir jalan karena di desa, pemasaran paling handal adalah melalui ‘kekuatan mulut’ alias promosi dari mulut ke mulut.

Begitu beberapa orang cocok dengan cita rasa yang Anda tawarkan maka berita lezatnya masakan Anda bakal segera menyebar ke seantero desa. Hasilnya, setiap pagi bakal banyak kaum ibu yang datang membeli. Mereka adalah para ibu yang tak mau kehilangan waktu dan tenaga karena harus berkutat di dapur sehingga memilih membeli sayur dan lauk saja. Peluang usaha rumahan di desa dibidang makanan ini bisa ditingkatkan dengan cara menerima pesanan makanan dalam jumlah besar (catering) untuk acara-acara hajatan, pertemuan dan sebagainya. Semuanya cukup dikerjakan dan digelar di rumah saja.

Membuka Warung Kelontong

Yang satu ini sudah terbukti. Warung kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang sudah lazim dilakukan. Ketersediaan barang yang beragam dan harga adalah salah satu kunci keberhasilannya. Maka, Anda harus pintar mencari toko grosir alias tempat kulakan yang murah. Meski bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada cash flow alias uang setiap hari  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan karena kehabisan amunisi. Mau toko Anda cepat mengembang?

Anda harus menciptakan sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang notabene sebagian besar adalah tetangga Anda. Salah satu caranya dengan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan toko Anda dan setiap setahun sekali misalnya sebelum lebaran Anda membagi-bagikan bingkisan lebaran bagi tetangga Anda. Selain menjaga silaturahmi, ini adalah salah satu cara untuk mengikat mereka menjadi pembeli fanatik di toko kita. Satu lagi, selalu ramah-tamah pada semua orang. Soalnya, ada banyak toko di desa ditinggalkan pembeli karena pemiliknya pelit senyum, ini fakta.

Berternak Ikan Lele

Inilah peluang usaha rumahan di desa selanjutnya. Ada banyak pilihan ketika Anda menjatuhkan pilihan pada jenis usaha ini. Pertama, Anda bisa beternak khusus pembibitan lele. Artinya, pekerjaan Anda hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit. Setelah itu Anda hanya tinggal memberikan makanan khusus seperti cacing sutra bagi benih untuk tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Tak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumah Anda untuk membelinya.

Kedua, Anda memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini Anda harus menyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah Anda. Keunggulan lele adalah, jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun. Beternak lele bukan hanya mudah dijual karena banyaknya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Jamur Tiram

Ingin memiliki pendapatan harian? Usaha mengembangkan jamur tiram adalah jawabannya. Bertani jamur tiram adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat strategis. Pertama, usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil. Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur jenis ini tersedia banyak di desa dengan harga yang murah-meriah seperti serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam.

Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu. Keuntungan yang Anda miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya. Anda bisa mempelajari bahan, proses dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya. Jika Anda sudah rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini secara rutin maka jamur ini akan tumbuh setiap hari.

Jasa Desain dan Cetak-mencetak

Sekarang ini semua orang butuh jasa desain mulai dari spanduk, papan nama toko, salon dan bermacam jenis usaha. Mereka juga butuh jasa ini untuk berbagai event seperti pernikahan dan sebagainya. Jasa pembuatan desain sekaligus mencetaknya adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda kembangkan. Usaha ini bisa Anda kembangkan pada jasa penulisan dokumen, printing dan fotokopi. Pada jenis usaha ini Anda bisa menggaet beberapa konsumen sekaligus seperti fotokopi, butuh pengetikan dokumen hingga cetak dan jilid.

Keunggulan yang harus Anda miliki adalah kemampuan menciptakan desain yang cantik. Jangan khawatir, kemampuan seperti ini bahkan bisa Anda pelajari secara otodidak atau melalui tutorial di internet. Syaratnya hanya satu, Anda memiliki komputer atau laptop dan menyukai dunia seni terutama desain grafis.